Tips cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak

Tips cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak. Siapa sih yang tidak panik kalau smartphone kesayangan kita mengalami error? Apalagi smartphone yang kita miliki mengalami error misalnya mati total mendadak, bootloop, dan tidak bisa dinyalakan kembali, haduh bisa-bisa kita keringat dingin.

Selain dialami oleh pengguna Android, masalah tersebut juga kerap sekali terjadi pada smartphone sekelas iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS. Dimana handset mendadak mati total tanpa sebab yang jelas. Saat hal itu berlangsung, mungkin kamu akan berpikir bahwa iPhone yang kamu miliki rusak dan kamu perlu untuk membeli yang baru lagi.

Tapi jangan terburu-buru untuk memikirkan hal tersebut karena beberapa kasus iPhone mati sendiri, iPhone sering restart sendiri, atau bahkan iPhone mati total bisa terjadi disebabkan oleh kesalahan atau kerusakan pada software. Jika hanya keasalahan atau kerusakan pada software mungkin kita masih bisa memperbaikinya sendiri, dibandingkan hardware tentu hal tersebut agak selit dan mengharuskan kita untuk memperbaikinya ke service center terdekat.

Daripada kita menyerah sebelum mencoba hal apapun, maka kamu bisa mencoba tips atau cara sederhana untuk mengatasi iPhone mati total dan tidak bisa dihidupkan kembali. Berikut, tips cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak.

1. Restart Atau Tekan Tombol Power

Langkah pertama untuk mengatasi iPhone mendadak mati adalah kamu harus memeriksanya terlebih dahulu. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa menahan tombol Hold ponsel selama sekitar 10 detik. Jika belum menyala juga, ulangi lagi sampai bisa. Setelah layar iPhone menyala dan berkedip nanti akan terlihat logo Apple.

Kalau iPhone berhasil menyala dan bisa dioperasikan kembali, maka langkah selanjutnya restart iPhone untuk menyegarkan dan menjalankan fitur-fitur pada iPhone secara normal.

2. Restart Paksa

Jika iPhone kamu berhasil menyala tapi masih dalam keadaan hang berhenti di logo atau stuck di logo Apple saja dan tidak masuk kedalam homescreen. Maka kamu harus mencoba untuk memulai ulang secara paksa dengan menekan tombol Sleep/Wake + tombol Home. Setelah menekan tombol  Sleep/Wake + tombol Home secara bersamaan iOS akan melakukan restart ulang.

3. Charge iPhone

Ada beberapa kasus, iPhone mendadak mati dan tidak bisa dihidupkan kembali disebabkan oleh daya baterai yang sudah benar-benar rendah, bukan kosong. Karena jika daya baterai rendah, iPhone akan memanfaatkan sisa daya baterai tersebut untuk mengamankan data atau pengaturan. Sebelum menyalakan kembali iPhone, maka kamu harus terlebih dahulu untuk melakukan pengisian ulang pada daya baterai iPhone.

4. Restore iPhone

Jika semua langkah diatas sudah kamu coba dan masih belum berhasil juga untuk menghidupkan iPhone kamu. Maka cara yang terakhir yang bisa kamu coba dan merupakan salah satu cara yang paling ampuh adalah melakukan restore iPhone. Ini akan menghapus semua data yang tersimpan maupun semua pengaturan yang ada di iPhone.

Untuk melakukan restore ini sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu mensinkronisasikan iPhone kamu dan meng-klik tombol Restore via iTunes. Namun jika iPhone tidak dapat menyala hal ini lah yang menyulitkan dan kamu harus melakukan cara dibawah ini.

  • Pasang kabel USB iPhone ke konektor dock, jangan ke komputer kamu.
  • Tahan tombol Home selama beberapa detik.
  • Setelah itu hubungkan kabel USB ke komputer.
  • Langkah ini akan membuka iTunes dan memposisikan iPhone masuk ke recovery mode, serta memungkinkan kamu untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Namun setiap seri iPhone seperti iPhone 4, iPhone 5, iPhone 6, dan iPhone 7 memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan restore, mungkin kamu bisa mencari referensi disitus lain.

5. Pergi ke Sevice Center

Setelah melakukan cara maupun tips diatas namun tetap saja tidak ada hasilnya alias nihil, maka saya hanya menyarankan untuk membawa iPhone kamu ke tempat service center resmi iPhone. Mungkin iPhone kamu mengalami kerusakan pada hardware dan tidak memungkinkan untuk menjangkaunya atau memperbaikinya jadi biarkan ahlinya saja yang melakukannya.
Itulah beberapa tips atau cara mengatasi iPhone yang mati total mendadak yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.



from DETIK NEWS http://ift.tt/2rFlyZn
via IFTTT
Previous
Next Post »